Arsitektur Sistem Operasi Symbian

Dalam system operasi Symbian terdapat arsitektur pendukung yang terdiri dari lapisan-lapisan (layer) sebagai berikut :

Lapisan pendukung aplikasi (Aplication Utility Layer)

Lapisan ini terdiri dari berbagai pendukung yang berorientasi pada aplikasi . hal ini memungkinkan aplikasi lain (diluar system operasi) unutk berintegrasi dengan aplikasi dasar yang tersedia pada system operasi. Bentuk layanan lain termasuk proses pertukaran dan manajemen data.

Lapisan layanan dan framework antarmuka grafis (GUI Framwork)

Lapisan ini merupakan framework API yang tersedia untuk member dukungan terhadap penanganan user secara grafis maupun suara yang dapat digunakan oleh aplikasi lain.

Lapisan komunikasi

Lapisan ini berfungsi sebagai system operasi yang focus pada implementasi peralatan komunikasi mobile. Symbian OS memiliki sekumpulan API yang focus pada lapisan komunikasi. Bagian teratas pada bagian ini terdapat dukungan pencairan dan pengiriman pesan teks. Berikutnya adalah antar muka yang member dukungan komunikasi seperti Bluetooth, infrared (IrDa), dan USB. Yang terakhir pada lapisan ini adalh protocol komunikasi berupa TCP/IP, HTTP, WAP, dan layanan telepon.

Lapisan system API dasar

Lapisan ini merupakan kumpulan APi yang mendukung pengaksesan data memory, tanggal dan waktu, serta system dasar lainnya.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arsitektur Sistem Operasi Symbian"

Posting Komentar